Cara Merawat Mesin Mobil, Tips Perawatan Mesin Mobil, Harga Mesin Mobil

Jumat, 26 Agustus 2016

Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri Yang Praktis Dan Sederhana

Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri Yang Praktis Dan Sederhana - Di dunia ini apapun jenis mesin atau benda yang digunakan, pasti akan membutuhkan perawatan. Apalagi jika benda atau mesin tersebut digunakan dengan intensitas yang sangat tinggi, maka perawatan selalu diperlukan. Mesin mobil juga demikian, Anda harus mengerti cara merawat mesin mobil yang benar untuk menjaga agar mesin mobil Anda tetap prima. Nah, salah satu cara merawat mesin mobil yang benar ini adalah dengan membersihkan mesin mobil. Anda bisa membersihkan mesin mobil sendiri atau juga bisa membawanya ke bengkel. Jika Anda ingin melakukannya sendiri, maka Anda harus mengerti dan memahami bagaimana cara memberihkan mobil sendiri yang prkatis dan sederhana.

Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri
Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri
Pada dasarnya semua orang bisa melakukan cara membersihkan mesin mobil sendiri yang praktis dan sederhana. Namun mungkin hanya pada bagian-bagian terntentu saja, karena di dalam mesin mobil sendiri terdapat berbagai komponen elektronik yang sangat penting dan itu sangat bahaya jika Anda salah membersihkannya. Karena beberapa perangkat elektronik tersebut biasanya juga tidak boleh terkena air. Membersihkan mesin mobil dengan rutin dan terjadwal, pasti akan membawa pengaruh positif pada kinerja mesin mobil Anda. Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan kami sampaikan beberapa tahapan dan cara membersihkan mesin mobil sendiri yang praktis dan sederhana untuk Anda semua, perhatikan di bawah ini step-stepnya.

Cara Membersihkan Mobil Sendiri Yang Praktis Dan Sederhana


Seperti ikiat ketahui bersama bahwa dalam mesin mobil itu terdapat ruang mesin mobil yang di dalamnya terdapat berbagai komponen yang sangat penting sekali. Maka dari itu, harus ada perlakuan khusus untuk cara merawat mesin mobil ini. Tidak bisa Anda asal-asalan dalam melakukan cara membersihkan mesin mobil dengan benar. Karena akan sangat riskan untuk keawetan mesin mobil Anda sendiri.


1. Persiapan Awal Mencuci Ruang Mesin Mobil

Sebelum Anda benar-benar membersihkan ruang mesin mobil, ada beberapa persiapan awal yang harus Anda lakukan. Yang pertama, hangatkan dulu mesin mobil Anda. Jika masih dalam kondisi yang dingin, maka panaskan terlebih dahulu. Kenapa harus dihangatkan dan dipanasi terlebih dahulu dalam cara membersihkan mesin mobil yang benar, hal ini ditujukan untuk mempermudah proses pembersihan kerak-kerak yang sudah menempel sejak lama. Dengan kondisi mesin yang hangat, maka kerak-kerak yang menempel akan mudah terlepas ketika nanti dibersihkan.

2. Bungkus Komponen Elektrik Dengan Plastik

Cara membersihkan mesin mobil sendiri yang benar selanjutnya adalah Anda harus mempersiapkan beberapa plastik. Plastik ini digunakan sebagai pembungkus berbagai macam komponen elektrik yang ada di dalam mesin mobil Anda. Atau jika tidak menggunakan plastik, maka Anda bisa menggunakan aluminium foil sebagai penggantinya. Atau bahan apa saja yang terpenting bahwa komponen elktronik yang ada pada mesin mobil tersebut ketika mesin mobil dibersihkan dengan air, tidak terkenan dan tetap aman. Maka dari itu, Anda harus membungkusnya dengan bahan yang tidak tembus air.

3. Tahap Pencucian Mesin Mobil

Jika proses persiapan cara membersihkan mesin mobil sendiri di atas sudah Anda lakukan, maka sekarang waktunya masuk pada tahap selanjutnya. Yaitu, Anda bisa mulai membseihkan dan mencuci pada beberapa bagian mesin mobil Anda. Dahulukan pada bagian mesin yang mudah dijangkau untuk dibersihkan. Bagian yang paling mudah dibersihkan adalah pada bagian bawah kap mobil. Semprot saja bagian tersebut dengan menggunakan air, tapi jangan menggunakan air dengan tekanan tinggi, gunakan air dengan tekanan sedang saja.

Untuk membersihkan pada bagian bawah kap mobil ini, Anda bisa menggunakan sabun colek saja. Kenapa sabun colek, karena sabun colek ternyata sangat ampuh untuk membersihkan kotoran campuran dari bercampurnya debu dan oli. Anda bisa menggosok dengan menggunakan sikat yang agak kasar. Setelah selesai menggosok, Anda bisa membersihkannya dengan air bersih. Jangan sampai terjadi air sabun yang Anda gunakan pada kap bawah tadi mengering dengan sendirinya, ini sangat berbahaya. Karena air sabun yang mengering dengan sendirinya akan meninggalkan bekas. Maka dari itu, Anda harus segera mengeringkan dengan lap sampai benar-benar bersih.


4. Cara Mencuci Mesin Mobil Yang Benar

Tahap selanjutnya adalah tahap utama yakni tahap membersihkan mesin mobil. Cara membersihkan mesin mobil sendiri yang sederhana adalah Anda bisa langsung menyiram pada bagian mesin dengan air. Tapi tetap ingat, jangan menggunakan air dengan tekanan yang tinggi, tetap gunakan tekanan yang sedang. Atau Anda bisa menyiram mesin dengan selang air biasa, atau juga bisa dengan menggunakan botol spray yang saudah tak terpakai tentunya. Pertama Anda bisa memulai pada bagian blok mesin di bagian belakang.

Setelah itu, Anda bisa melanjutkan pada mesin di bagian depan. Untuk membantu cara membersihkan mesin mobil bagian depan ini, Anda bisa menggunakan kuas atau spon yang halus. Nah, perlu Anda perhatikan juga pada kerak, jika memang ada kerak oli pada bagian tertentu yang sulit dihilangkan, maka disarankan untuk menggunakan cairan khusus untuk menghilangkannya, Anda bisa membeli di toko atau di pasar. Dan jika sudah selesai, maka Anda bisa membilasnya dan langsung keringkan dengan lap agar tidak membekas.

5. Tahap Akhir Cara Membersihkan Mesin Mobil

Jika semua proses di atas saudah Anda jalankan, maka artinya proses cara mencuci mesin mmobil atau cara membersihkan mesin mobil yang Anda lakukan sudah selesai. Anda bisa menggunakan kembali mesin mobil Anda untuk berkendara. Namun perlu Anda ingat, untuk finishing touch ini, Anda tetap perlu memeriksa kembali pada bagian-bagian komponen mesin mobil Anda. Dan terutama pada bagian komponen mesin mobil yang berupa elektronik. Jangan sampai Anda lupa tidak melepas atau membuka plastik penutup atau aluminium foil yang digunakan sebagai pelindung tadi.

Karena jika sampai Anda lupa terhadap hal ini, maka ini bisa sangat membahayakan untuk mesin Anda sendiri. Maka dari itu, Anda harus teliti dan jeli, apalagi jika Anda belum pernah melakukan cara membersihkan mesin mobil sendiri, sebaiknya jangan tergesa-gesa, agar tidak terjadi sesuatu yang terlewatkan dalam cara mencuci mesin mobil yang Anda miliki.

Nah teman-teman semua, itulah beberapa panduan cara membersihkan mesin mobil sendiri di rumah yang praktis dan sederhana yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel mengenai tips membersihkan mesin mobil sendiri di atas bisa berguna untuk Anda semua. Dan bisa membantu Anda dalam melakukan cara membersihkan mesin mobil sendiri di rumah.


Akhirnya, sampai di sini dulu yang bisa kami sampaikan, semoga di lain waktu dan kesempatan kami masih diberikan kesehatan untuk tetap bisa berbagi berbagai tips dan cara merawat mesin mobil untuk Anda semua. Termasuk juga cara membersihkan mobil sendiri di rumah yang sederhana dan muda. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai bertemu lagi di lain waktu dan kesempatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membersihkan Mesin Mobil Sendiri Yang Praktis Dan Sederhana

1 komentar: