Cara Merawat Mesin Mobil, Tips Perawatan Mesin Mobil, Harga Mesin Mobil

Kamis, 25 Agustus 2016

Cara Merawat Mesin Mobil Yang Benar Ini Harus Anda Perhatikan

Cara Merawat Mesin Mobil Yang Benar Ini Harus Anda Perhatikan - Memiliki mobil memang tengah menjadi gaya hidup yang menjalar ke seluruh masyarakat Indonesia. Bukan saja yang mampu secara finansial, namun kadang kala juga meski secara ekonomi kurang mampu tetap memaksakan diri untuk membeli mobil. Dan yang lebih parah lagi, mereka senang mengendarai mobil dan membeli mobil, namun mereka sama sekali tidak mengetahui bagaimana cara perawatan mobil. Apalagi bagaimana cara merawat mesin mobil yang benar, mereka buta sama sekali.

Cara Merawat Mesin Mobil Yang Benar
Cara Merawat Mesin Mobil Yang Benar 
Padahal ini sangat riskan sekali tentunya, karena bagaiamanpun juga ketika Anda memiliki mobil, maka sedikit banyak Anda pun juga harus memahami bagaimana cara merawat mesin mobil. Meski itu cara merawat mesin mobil sederhana Anda harus mengerti, apalagi Anda memahami cara merawat mesin mobil yang benar, itu pasti jauh lebih bagus lagi. Nah, maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan beberapa tips dan cara merawat mesin mobil yang benar yang bisa Anda aplikasikan pada kendaraan roda empat Anda. Perhatikan ya.

Cara Merawat Mesin Mobil Yang Benar


1. Jangan Lupa Ganti Oli Secara Berkala

Ini mutlak diperlukan, Anda harus rajin melakukan cek terhadap oli mobil Anda. Jangan sampai Anda telat dan kehabisan oli pada mobil Anda, karena ini efek nya akan sangat berbahaya. Untuk melakukan perawatan mesin mobil agar tetap prima, maka sebaiknya lakukan penggantian oli secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar mobil Anda. Pada umumnya, penggantian oli mobil biasanya ketika jarak tempuh mobil sudah mencapai 3000 km hingga 5000 km. Selain itu, Anda juga harus bisa memilih oli yang tepat untuk jenis mesin mobil Anda. Karena pemilihan oli yang tepat ini juga sangat berpengaruh terhadap cara merawat mesin mobil yang benar. Oli sendiri memiliki fungsi sebagai penahan gesekan yang terjadi pada sebuah mesin mobil.

2. Lakukan Pengecekan Terhadap Cairan Radiator

Ini juga perlu Anda lakukan dalam rangka melakukan cara merawat mesin mobil. Tips perawatan mesin mobil dengan melakukan rutinitas dalam cekking cairan radiator sangat penting sekali. Jika air radiator sampai habis, itu bukan saja membahayakan pada mesin mobil, namun itu juga sangat berbahaya untuk si pengendara sendiri karena bisa menimbulkan panas atau overheat dan itu sangat riskan sekali. Ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan terhadap keberadaan air radiator ini secara berkala dan terjadwal dengan baik agar tidak lupa.

3. Rajinlah Membersihkan Filter Karburasi

Terendapnya beragam kotoran di dalam mesin mobil juga sangat berpengaruh terhadap performa mesin mobil. Dan biasanya pengendapan ini terjadi dan muncul pada filter karburasi mesin mobil. Maka dari itu, dengan rajin membersihkan filter karburasi, maka Anda sama dengan menjalankan cara merawat mesin mobil yang benar. Membersihkan saringan filter pada karburasi ini sebenarnya cukup mudah. Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk melepaskan kerak yang ada dan kotoran yang mengendap pada saringan. Jangan sampai Anda menggunakan hairdryer atau juga compressor saat membersihkan filter karburasi. Karena hal ini akan menimbulkan kerusakan pada lapisan filter karburasi.

4. Sesekali Pacu Mobil Anda

Cara merawat mesin mobil yang benar selanjutnya adalah dengan memacu mobil Anda. Kenapa demikian, karena mesin mobil yang digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama biasanya akan menghasilkan kerak pada beberapa bagian di dalam mesin. Nah, cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan kerak ini sebenarnya cukup mudah kok. Anda bisa memacu mobil Anda dengan menginjak gas lebih dalam agar kerak yang ada di dalam mesin mobil bisa keluar melalui knalpot. Untuk melakukan hal ini, Anda harus memperhatikan keamanan ketika mencoba untuk memacu kendaraan lebih cepat. Jika Anda melakukan ini di jalan raya, pastikan bahwa kondisi benar-benar aman dan tidak membahayakan baik untuk diri Anda sendiri namun juga untuk pengendara yang lain.

5. Selalu Isi Penuh Bahan Bakar Mobil Anda

Hal ini meskipun remeh sebenarnya sangat bagus untuk dijadikan salah satu cara merawat mesin mobil yang benar. Dan, seringkali orang jarang melakukan hal ini dan masih mengisi tanki mobil dengan isi yang tidak penuh. Padahal, dengan mengisi tanki bahan bakar dengan penuh, bisa melindungi bagian atas tanki Anda. Karena jika Anda tidak pernah mengisi penuh tanki mobil Anda, maka bagian atas dari tanki mobil Anda tentu saja akan mudah berkerak dan terkena kotoran. Maka dari itu, mengisi tanki mobil dengan bahan bakar yang penuh itu sangat bagus sebagai tips perawatan mesin mobi Anda.

6. Rajinlah Ke Bengkel Untuk Sekedar Memeriksa Performa

Hal ini juga sangat perlu Anda lakukan. Meski barangkali Anda sudah memahami berbagai cara merawat mesin mobil yang benar, namun sesekali datang ke bengkel mobil untuk menservis mobil tetap diperlukan. Meski mungkin kondisi mobil Anda sedang tidak dalam keadaan bermasalah, itu tetap diperlukan. Anda bisa datang ke bengkel resmi atau ke bengkel langganan Anda untuk memeriksakan semua bagian di dalam mesin mobil. Dan ini sebaiknya Anda lakukan dengan terjadwal, satu bulan sekali, dua bulan sekali atau terserah Anda sekira mesin mobil itu sudah patut untuk diserviskan.

7. Lakukan Pemeriksaan Pada Timing Belt

Anda harus melakukan hal ini, timing belt adalah sabuk yang memiliki fungsi untuk meneruskan putaran roda-roda yang memiliki keterhubungan dengan bagian dalam mesin. Biasanya, timing belt yang rusak ditandai dengan munculnya suara-suara dengungan yang membisingkan telinga. Ini biasanya terjadi ketika mesin mulai dijalankan. Kerusakan pada timing belt yang dibiarkan berlarut-larut, lama-lama akan membuat timing belt tersebut putus. Dan, timing belt yang terputus secara tiba-tiba, maka akan membuat komponen tertentu di dalam mesin akan menjadi rusak. Selain itu, suplay listrik pada akumulator tentunya juga menjadi tidak maksimal. Maka dari itu, jika Anda ingin cara merawat mesin mobil dengan benar, Anda juga harus melakukan hal ini secara rutin.

Nah temen-temen semua, itulah beberapa cara merawat mesin mobil yang benar yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Sebenarnya masih banyak lagi detail mengenai berbagai macam tips perawatan mesin mobil yang belum kami sampaikan. Doakan saja agar kami tetap bisa menyampaikan berbagai ulasan mengenai berbagai cara dan tips merawat mesin mobil yang benar, insyaalloh akan kami sampaikan di lain waktu dan kesempatan.

Untuk kali ini kami cukupkan dulu sampai di sini saja. Akhirnya semoga sedikit informasi mengenai cara merawat mesin mobil dengan benar di atas bisa menambah wawasan kita semua tentang cara perawatan mesin mobil yang benar. Terima kasih telah sudi mampir, sampai jumpa lagi di lain waktu dan kesempatan, see you gaes.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Mesin Mobil Yang Benar Ini Harus Anda Perhatikan

0 komentar:

Posting Komentar